Gagal di Qatar, Maverick Vinales Ingin Ubah Gaya Balap di MotoGP Argentina

Didit Abdillah - Rabu, 20 Maret 2019 | 19:30 WIB

Punya kecenderungan melambat saat balapan, Maverick Vinales berniat ubah baya balap untuk MotoGP Argentina (31/3). (Didit Abdillah - )

OtoRace.id - Cukup aneh memang jika melihat performa Maverick Vinales pada seri pembuka MotoGP di sirkuit Losail, Qatar (10/3) lalu. 

Pembalap di tim Monster Energy Yamaha MotoGP ini sangat dominan di sesi latihan bebas dan kualifikasi, tapi melambat saat balapan. 

Padahal ia merasa kalau Yamaha YZR-M1 di sesi kualifikasi sudah sangat cocok dengan dirinya. 

"Saya cukup bagus saat saya mencatatkan waktu sendirian karena saya punya racing line dan gaya balap sendiri," ucap Vinales. 

(Baca Juga : Nah! Sudah Ada Team Order di F1 Australia, Ini Dalih Bos Tim Ferrari)

"Tetapi saat sudah balapan dan cukup ramai, gaya balap saya terpengaruh oleh pembalap lainnya. Itu yang mempengaruhi performa saya," tambah pembalap asal Spanyol itu. 

Pasalnya saat balapan, ia menggunakan beberapa pilihan trajektori pada motornya dan berbeda dari yang ia pilih saat melakukan kualifikasi. 

Alhasil, ban pun ikutan menjadi lebih mudah abrasi karena ubahan-ubahan trajektori itu. 

"Sekarang saya fokus untuk tidak mengerem lebih sering dan mencoba untuk membuka gas lebih awal dan akselerasi di saat yang tepat," kata Vinales. 

(Baca Juga : Tanggapan Crosser Senior Mengenai Terancam Batalnya MXGP Semarang)

Gaya balap yang ia ubah ini, ia pelajari bersama pelatih barunya, Julian Simon menggunakan motor YZF-R1M. 

Setelah itu, hasil latihannya akan langsung ia praktekan sedari sesi latihan pertama MotoGP Argentina di sirkuit Termas de Rio Hondo (29/3) mendatang.