Mengenal Andorra, Rumah Bagi Banyak Pembalap MotoGP, Ini Salah Satu Keistimewaannya

Eka Budhiansyah - Selasa, 14 April 2020 | 07:00 WIB

Alex Rins tinggal di Andorra (Eka Budhiansyah - )

OtoRace.id - Tidak sedikit pembalap MotoGP yang memilih tinggal di Andorra, sebuah negara kecil di wilayah yang berbatasan dengan Perancis dan Spanyol.

Secara letak, memang Andorra lebih berdekatan dengan Spanyol dan merupakan negara-negara katalan.

Dilansir dari Speedweek.com, banyak pembalap MotoGP yang memilih tinggal di negara mewah yang mengandalkan sektor pariwisata ini.

Sebut saja, Maverick Vinales, Alex Rins, Fabio Quartararo, Pol Espargaro, Aleix Espargaro, Jack Miller, Iker Lecuona dan bahkan pemilik tim Avintia Racing yaitu Ruben Xaus pun tinggal di Andorra.

Baca Juga: Sesama Pembalap Prancis, Tapi Ini Bedanya Fabio Quartararo dan Johann Zarco

Selain pembalap MotoGP, banyak juga pembalap Moto2 dan Moto3 serta pembalap WSBK yang tinggal di Andorra seperti Jorge Martin, John McPhee, Jorge Navarro, Chaz Davies dan Leon Camier.

Bahkan, Bradley Smith yang asal Inggris pernah tinggal di Andorra, sebelum akhirnya pindah ke Monte Carlo dan bergabung bersama Max Biaggi, Loris Capirossi dan bos tim LCR Honda yaitu Lucio Cecchinello.

Andorra memiliki wilayah seluas 468 kilometer persegi dan populasi kira-kira 77.281 orang.

Secara landscape, negara terkecil ke-6 di Eropa ini menawarkan deretan pegunungan yang jika musim dingin, banyak wisatawan datang untuk bermain ski.

Bahkan diperkirakan, 10,2 juta wisatawan datang ke Andorra setiap tahunnya dan memberikan pemasukan untuk negara sebesar 340 juta Euro hanya melalui wisata ski.