Canggihnya Roll Bar Citroen C3 R5 Sean Gelael Yang Setara Material Roket

Didit Abdillah - Rabu, 1 Desember 2021 | 18:00 WIB
Citroen C3 R5 milik Sean Gelael, mobil terkencang se-Indonesia saat ini. Punya perangkat keamanan dengan material setara roket.
DAB/OtoRace
Citroen C3 R5 milik Sean Gelael, mobil terkencang se-Indonesia saat ini. Punya perangkat keamanan dengan material setara roket.

OtoRace.id - Citroen C3 R5 milik Sean Gelael memang bisa dibilang sebagai mobil balap terkencang di Indonesia saat ini. 

Memiliki spesifikasi R5 atau setara dengan mobil di kompetisi WRC2, Citroen C3 R5 bisa mengeluarkan tenaga sebesar 289 dk. 

Mobil ini kembali menjadi perbincangan usai mengalami kecelakaan keras pada Kejurnas Sprint Reli di Meikarta, Cikarang (27/11) lalu. 

Sean Gelael yang dinavigatori Bambang Soesatyo kecelakaan kala mobil di kecepatan 107 km/jam. Keduanya keluar dengan selamat. 

Baca Juga: Jelang MotoGP 2022, Ducati Terang-terangan Siap Bajak Fabio Quartararo dari Yamaha

Kondisi kabin mobil reli Citroen C3 R5 yang ditumpangi Sean Gelael dan Bambang Soesatyo masih dalam keadaan baik pasca kecelakaan.
Team Jagonya Ayam
Kondisi kabin mobil reli Citroen C3 R5 yang ditumpangi Sean Gelael dan Bambang Soesatyo masih dalam keadaan baik pasca kecelakaan.

Faktor pengaman seperti roll bar atau roll cage menjadi penentu dan penyelamat nyawa keduanya karena mobil terguling sebanyak tiga kali. 

Siapa sangka roll cage yang dipasangkan di Citroen C3 R5 memiliki material besi yang sama digunakan pada industri dirgantara atau penerbangan, serta digunakan pada roket. 

"Nama materialnya itu T45, besi yang anti panas dan tidak mudah bengkok. Jadi memang dibikin kuat banget," kata Loqy Siregar, Spesialis Roll Cage dari bengkel Riverside saat ditemui (28/11)

Selain material, roll cage untuk mobil reli homologasi seperti Citroen C3 R5 juga harus mengikuti berbagai aturan-aturan spesifik dari FIA.

Baca Juga: Didukung Federal Oil, Pembalap Gresini Racing Optimis Debut Dengan Ducati di MotoGP 2022


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa