Loris Capirossi: Jatuhnya Johann Zarco di Sepang dan Valencia Jadi penyebab Gagalnya Dikontrak Honda

Eka Budhiansyah - Senin, 13 Januari 2020 | 16:01 WIB

Johann Zarco terjatuh di MotoGP Malaysia 2019 usia senggolan dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar) (Eka Budhiansyah - )

OtoRace.id - Selepas putus kontrak dengan KTM di tengah musim MotoGP 2019, nasib Johann Zarco sempat tidak jelas.

Banyak spekulasi beredar ketika itu kalau pembalap Perancis ini akan menjadi test rider ataupun kembali balap di ajang Moto2.

Namun akhirnya berita baik datang ketika Honda melalui LCR Honda mengajak Zarco untuk menggantikan Takaaki Nakagami pasca operasi usai MotoGP Jepang.

Johann Zarco pun akhirnya membalap di tiga seri tersisa dengan Honda RC213V dan bahkan ketika itu punya kesempatan untuk ditarik Honda.

(Baca Juga: Bos KTM Tech 3 Bingung Kenapa Johann Zarco Mau Bergabung ke Avintia Racing)

Setelah Jorge Lorenzo pensiun, nama Zarco menjadi salah satu kandidat untuk mengisi bangku kosong RC213V di Repsol Honda.

Namun, akhirnya Repsol Honda lebih memilih Alex Marquez untuk berduet dengan Sang Kakak yaitu Marc Marquez di tim pabrikan Honda tersebut.

Sontak, posisi Zarco pun menjadi tidak jelas sebelum akhirnya Ducati menariknya dan ditempatkan di Reale Avintia Racing atau Avintia Ducati.

Namun menurut Loris Capirossi, penyebab gagalnya Honda menarik Zarco ke skuad mereka, salah satu pertimbangannya adalah jatuhnya pembalap tersebut di dua seri tersisa yaitu MotoGP Malaysia dan MotoGP Valencia.