Karena Ini Ban Belakang Michelin Terbaru Untungkan Mesin Inline 4 Seperti Yamaha dan Suzuki

Eka Budhiansyah - Sabtu, 18 April 2020 | 15:05 WIB

Valentino Rossi di tes MotoGP Qatar dengan ban Michelin baru (Eka Budhiansyah - )

OtoRace.id - Banyak pembalap yang menilai kalau ban belakang terbaru Michelin di MotoGP menguntungkan motor bermesin inline 4 seperti Yamaha dan Suzuki.

Salah satu pembalap yang mengungkapkannya adalah Marc Marquez yang memakai Honda RC213V bermesin V4.

Pernyataan itu muncul berdasarkan hasil pengetesan di dua sirkuit ketika para pembalap MotoGP melakukan tes pra musim di tes MotoGP Malaysia dan tes MotoGP Qatar.

Yamaha dan Suzuki yang mengusung mesin inline 4 selalu menempati posisi teratas dengan kombinasi ban belakang Michelin terbaru.

Baca Juga: Ternyata Michelin Bikin Ban Motor MotoGP Berbeda Untuk Tiap Sirkuit. Ini Penjelasannya

Dikatakan seperti itu, Piero Taramasso selaku manajer balap roda dua Michelin coba menjelaskan mengapa bisa muncul pendapat seperti itu.

"Seperti diketahui kalau kekuatan Yamaha dan Suzuki adalah kemampuan mereka dalam kecepatan menikung (cornering speed)," ungkap Piero Taramasso dilansir OtoRace.id dari GPOne.com.

"Saya tidak terkejut ketika itu (kecepatan menikung Yamaha dan Suzuki) meningkat dengan ban (baru) yang memiliki grip lebih bagus," aku pria asal Italia yang kerja di perusahaan Prancis itu.

Namun begitu, Taramasso pun mengungkapkan kalau sebenarnya ban ini juga akan memberikan keuntungan bagi para pembalap yang memakai mesin V4.