Efek Marc Marquez Lama Absen, Honda Lakukan Ini Dalam Mengubah Riset Mereka

Didit Abdillah - Minggu, 1 November 2020 | 12:00 WIB

Honda jelaskan kalau kini Honda mengubah mind set perkembangan motor (Didit Abdillah - )

OtoRace.id - Sudah 11 seri Marc Marquez absen dari kancah MotoGP dan masih belum dikonfirmasi apakah dia akan kembali di tiga seri pamungkas atau tidak. 

Padahal, Honda belum meraih kemenangan sama sekali di musim ini, hanya dengan satu podium yang dipersembahkan Alex Marquez pada MotoGP Aragon (18/10) lalu. 

Tak pelak jika Marc Marquez kembali balapan di sirkuit Valencia (Spanyol) dan Portimao (Portugal), ada harapan bagi Honda untuk setidaknya bisa meraih satu kemenangan musim ini. 

Namun daripada mengharapkan sesuatu yang belum pasti, Honda pun mengubah cara riset dan evaluasi mereka. 

Baca Juga: Mario S.A Raih Pencapaian Finish Terbaik di Moto3 FIM CEV Repsol Valencia 2020 Seri 7, Ini Komentarnya

Kini Honda RC213V tidak lagi berorientasi pada Marc Marquez, sehingga pembalap lain pun bisa mendapatkan level kompetitif yang sama. 

"Selama tujuh tahun terakhir, kami selalu berorientasi secara masukan dan riset darinya (Marc Marquez) dan itu terbukti dengan 6 gelar juara dunia di 7 musim," kata Takeo Yokoyama

"Namun kini di saat dirinya absen, membuat kami harus mencari informasi lanjutan dari pembalap lain dan menggabungkannya," lanjut HRC Project Manager itu. 

"Hasilnya terbukti lebih baik karena kami kompetitif di Aragon, hanya saja kami sial dan belum menang," imbuh Takeo Koyama dikutip dari The-Race.