MotoGP Portugal 2020: Segini Komparasi Catatan Waktu Terbaik 'Sementara' Motor MotoGP Dengan Motor WSBK

Didit Abdillah - Sabtu, 21 November 2020 | 07:00 WIB

Johann Zarco berhasil cetak rekor lap time pada FP2 MotoGP Portugal 2020 (Didit Abdillah - )

OtoRace.id - Sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2) MotoGP Portugal 2020 di sirkuit Portimao (20/11) memang terbilang istimewa. 

Karena sesi latihan digelar selama satu jam, sedangkan biasanya hanya 45 menit. 

Hal ini karena butuh waktu penyesuaian dan adaptasi para pembalap di kelas tertinggi dengan sirkuit Portimao yang pertama kali digunakan untuk motor MotoGP

Pada FP2 MotoGP Portugal, ketatnya persaingan di papan atas sudah seperti kualifikasi, karena saling geser peringkat pertama. 

Baca Juga: Hasil FP2 MotoGP Portugal 2020: Johann Zarco Bikin Kejutan, Valentino Rossi Crash dan Posisinya Menyedihkan

twitter/@KRT_WorldSBK
Jonathan Rea masih memegang rekor lap time WSBK Portugal di sirkuit Portimao

Namun di penghujung sesi latihan, Johann Zarco (Esponsorama Racing) menorehkan 1;39,417 detik dan menjadi rekor lap time di sirkuit Portimao untuk MotoGP Portugal 2020. 

Catatan waktu tersebut terbilang epik bagi pembalap yang notabene baru pertama kali membesut motor 1.000 cc prototipe di sirkuit Portimao. 

Torehan waktu Johann Zarco dengan motor MotoGP membuat penasaran jika dibandingkan dengan motor WSBK alias World Superbike yang lebih rutin digelar di sirkuit sepanjang 4,69 km itu.

Rekor lap time terbaik WSBK Portugal di sirkuit Portimao adalah 1;40,372 detik, yang dicatatkan oleh Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team) pada kualifikasi 2019. 

Baca Juga: Bisa-bisanya Bos Honda Enggak Tahu Kapan Marc Marquez Kembali Balapan