KTM Jajal Bodi Berlubang di Tes MotoGP Catalunya, Ini Fungsinya

Didit Abdillah - Selasa, 8 Juni 2021 | 18:18 WIB

Terlihat banyak lubang-lubang di bagian fairing depan KTM RC16 yang dites pada Tes MotoGP Catalunya 2021. (Didit Abdillah - )

OtoRace.id - Setelah menjalani balapan MotoGP Catalunya 2021, semua pembalap dan tim masih berada di sirkuit Montmelo, Spanyol untuk menjalani tes. 

Tes MotoGP Catalunya ini guna menjajal beberapa komponen baru, baik itu aspek mesin, fairing, aerodinamika, kaki-kaki, dan lain-lainnya. 

Ubahan unik pada KTM RC16 yang digunakan pada skuat Tech3 KTM Factory Racing karena banyak lubang pada bagian fairing depan. 

Model bodi ini dijajal oleh Iker Lecuona dan Danilo Petrucci, sehingga mereka bisa menjelaskan mengenai manfaat lubang-lubang tersebut. 

Baca Juga: Usai Tes MotoGP Catalunya 2021, Valentino Rossi Sudah Temukan Penyebab Dirinya Lambat saat Balapan?

"Lubang-lubang tersebut bisa membuat laju angin lebih leluasa, sehingga kami bisa mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi," ujar Danilo Petrucci. 

"Hanya saja dari lubang-lubang itu muncul suara berisik yang agak mengganggu saat saya sedang merunduk," lanjutnya dilansir dari GP One. 

Selain fairing yang berlubang, juga ada winglet baru yang ditambahkan pada bagian tengah bodi depan, dekat betis pembalap. 

Lalu sasis baru yang dijajal di semua KTM RC16 milik Red Bull KTM Factory Racing dan Tech3 KTM Factory Racing. 

Baca Juga: Hasil Tes MotoGP Catalunya 2021: Maverick Vinales Tercepat, Marc Marquez Jajal Fairing Baru, Valentino Rossi Tembus 10 Besar