Toprak Razgatlioglu Jajal Motor Yamaha MotoGP, Dibuat Takjub Sekaligus Bingung

Didit Abdillah - Rabu, 22 Juni 2022 | 11:30 WIB

Toprak Razgatlioglu (kiri) menjalani tes MotoGP bersama Yamaha dikawal Cal Crutchlow di sirkuit Aragon, Spanyol (21/6). (Didit Abdillah - )

OtoRace.id - Sudah ditunggu sejak akhir tahun lalu mnegenai Toprak Razgatlioglu untuk segera menjalani tes MotoGP bersama Yamaha. 

Akhirnya terjadi pada (21/6) kemarin di sirkuit Aragon kala Toprak Razgatlioglu akhirnya mencicipi Yamaha YZR-M1

Ia dikawal oleh test rider Yamaha Factory Racing, Cal Crutchlow yang juga menjadi mentornya saat itu. 

IG Cal Crutchlow
Toprak Razgatlioglu saat impresi pertamanya di atas Yamaha YZR-M1

Banyak hal baru yang dipelajari dari Toprak Razgatlioglu yang akhirnya membuat ia seperti belajar dari awal lagi dalam mengenal karakter motor. 

Seperti ban slick Michelin, bobot Yamaha YZR-M1 yang jauh lebih ringan daripada Yamaha R1, juga dari segi elektronik yang jauh lebih rumit. 

"Meski terlihat agar mirip, M1 adalah motor yang jauh berbeda dari R1, sehingga saya benar-benar belajar dari awal," tutur Toprak Razgatlioglu. 

"Beruntungnya saya dikawal Cal Crutchlow yang dia memberikan semua informasi yang saya butuhkan, sehingga saya bisa lebih maksimal," imbuhnya dalam rilis Yamaha Racing. 

"Sangat kencang di trek lurus dan pengereman karbon benar-benar sangat baik, sehingga saya punya banyak teknik baru untuk di WSBK," Razgatlioglu menambahkan. 

Juara dunia WSBK 2021 itu melakukan 50 lap sepanjang hari dan 12 di antaranya hanya digunakan untuk adaptasi dan pengenalan berbagai faktor teknis.