Valentino Rossi Ubah Gaya Balap Pakai Teknik Rem Baru di MotoGP Jepang 2019

Eka Budhiansyah - Sabtu, 19 Oktober 2019 | 09:00 WIB

Valentino Rossi mengubah gaya balapnya dengan melakukan teknik pengereman dua jari di MotoGP Jepang 2019 (Eka Budhiansyah - )

OtoRace.id - Berlaga di sesi free practice MotoGP Jepang 2019, Valentino Rossi mencoba gaya balap dengan teknik pengereman yang tak biasa dilakukannya selama ini.

Sejak awal karirnya, Valentino Rossi selalu menggunakan teknik pengereman tiga jari alias alias 3 - finger braking technique untuk menarik tuas rem depan demi memperlambat laju motor MotoGP.

Namun di sesi latihan bebas MotoGP Jepang 2019, terlihat Valentino Rossi menerapkan teknik pengereman dua jari alias 2 - finger braking technique.

Mungkin, ini salah satu solusi yang disebutkan Valentino Rossi sebelum berlaga di sirkuit Motegi.

(Baca Juga: Karena Ini Valentino Rossi Sempat Kedodoran di Latihan Bebas MotoGP Jepang)

Ketika itu, Rossi berkata akan mencoba cara lain untuk mencari solusi agar dirinya dan Yamaha YZR-M1 lebih kompetitif, tidak seperti dua race terakhir yang finish di posisi 8.

Nah, kini selain tidak pakai swingarm carbon serta knalpot dua silincer di YZR-M1 miliknya, evolusi teknik pengereman ini juga menjadi salah satu cara yang ditempuhnya.

Sepertinya hal yang dilakukan Rossi dengan mengubah teknik pengereman terlihat simpel, tetapi justru tidak.

"Ini seperti tembakan tiga angka untuk seseorang yang bermain bola basket, setelah 25 tahun melakukan hal yang sama, butuh waktu untuk terbiasa dengannya," ucap The Doctor dilansir dari Marca.com.

(Baca Juga: Perbedaan Teknik Pengereman Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez)