Jelang WorldSBK Indonesia 2021, Ketua IMI Pastikan Bendera Merah Putih Berkibar di Sirkuit Mandalika

Nur Pramudito - Minggu, 31 Oktober 2021 | 06:05 WIB

Bambang Soesatyo bersama jajaran Pimpinan Unit Otomotif Group Kompas Gramedia di Jakarta (Nur Pramudito - )

OtoRace.id - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, memastikan bendera Merah Putih akan dikibarkan pada WorldSBK di Mandalika.

Informasi berasal dari hasil komunikasi antara Mandalika Grand Prix Association (MGPA) dengan Dorna Sport selaku promotor WorldSBK dan Federasi Motor Internasional (FIM).

Bambang Soesatyo mengatakan sanksi dari Badan Anti-doping Dunia (WADA) tidak akan berlaku bagi gelaran WorldSBK Indonesia 2021.

Sebab, sanksi dari WADA baru keluar pada 7 Oktober 2021 sementara perjanjian antara MGPA dan Dorna Sports sudah ditandatangani pada 2019.

Baca Juga: Sangar! Usai Segel Gelar Juara MotoGP 2021, Fabio Quartararo Ajukan Permitaan Khusus kepada Yamaha

"Sehingga dipastikan sanksi WADA tidak bisa diterapkan atas kegiatan WorldSBK 2021 di Mandalika," ucap pria yang akrab disapa Bamsoet, ketika ditemui rekan-rekan Pimpinan Unit dari Otomotif Group Kompas Gramedia di Jakarta (27/10).

WADA memberikan ketidakpatuhan kepada Lembaga Anti-doping Indonesia (LADI) akibat tidak menyelenggarakan program tes doping secara efektif.

Indonesia tidak bisa mendapatkan hak menjadi tuan rumah event olahraga internasional dan bendera Merah Putih tidak akan dikibarkan dalam turnamen selain Olimpiade/Paralimpiade.

Akan tetapi, masih menurut Bamsoet, sanksi dari WADA tidak berpengaruh pada gelaran WSBK Indonesia yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021.

Baca Juga: Tampil Kurang Kompetitif di MotoGP 2021, Alex Rins Salahkan Motor Suzuki