Tahun 2024 Pakai 40 Persen BBM Non Fosil, Tenaga Motor MotoGP Turun?

Eka Budhiansyah - Selasa, 19 Juli 2022 | 06:00 WIB

BBM motor MotoGP 2024 akan mengunakan campuran non fosil sebanyak 40 persen, bisa pengaruhi tenaga motor MotoGP (Eka Budhiansyah - )

OtoRace.id - Ada hal menarik di MotoGP 2024 mengenai bahan bakar minyak alias BBM motor MotoGP.

Untuk mendukung gerakan ramah lingkungan, Dorna Sports selaku promotor akan membuat regulasi baru mengenai BBM motor MotoGP.

Pada tahun 2024, regulasi BBM motor MotoGP akan menggunakan campuran non fosil sebanyak 40 persen.

Itu artinya, 60 persen akan menggunakan BBM fosil dan 40 persen lagi merupakan biofuel.

Namun dengan penggunaan bahan bakar non fosil ini, tentunya akan mempengaruhi tenaga dari motor MotoGP itu sendiri.

Seperti diungkap oleh Simon Crafar selaku reporter lapangan dari MotoGP.com bahwa Dorna Sports sudah melakukan ujicoba penggunaan BBM campuran tersebut.

"Saya pikir ini akan membuat kecepatan sedikit berkurang, mungkin detonasi (pembakaran) sedikit lebih rendah yang akan membuat motor sedikit lebih lambat," ucapnya dikutip dari MotoGP.com.

Meski begitu, Simon Crafar  juga menjelaskan kalau saat ini dari pabrikan motor sudah coba melakukan pengukuran tenaga dengan memakai BBM campuran tersebut.

"Dari apa yang saya dengar, beberapa pabrikan melakukan pengukuran di mesin dyno dari tiap 250 cc atau 1 silinder di motor MotoGP, hanya turun 1 hp," bilang Simon Crafar yang juga mantan pembalap MotoGP sejak era GP500 hingga MotoGP awal 2000-an ini.

Baca Juga: Bos Ducati Merasa Tidak Adil Ride Heigth Device Bagian Depan Dilarang Mulai MotoGP 2023