Muncul Dilema Bagi Valentino Rossi Untuk Bertarung di MotoGP Italia?

Eka Budhiansyah - Rabu, 22 Mei 2019 | 21:30 WIB
Valentino Rossi menggunakan aero fairing baru di race MotoGP Prancis
MotoGP
Valentino Rossi menggunakan aero fairing baru di race MotoGP Prancis

OtoRace.id - Tak dipungkiri kalau kecepatan Yamaha YZR-M1 menjadi faktor sulitnya Valentino Rossi untuk meraih podium di MotoGP Prancis pekan lalu.

Berdasarkan data, Valentino Rossi menjadi pembalap dengan top speed terlambat di urutan 19 dari 22 pembalap ketika itu.

Namun, Valentino Rossi dan Yamaha pun tak bisa berbuat banyak dengan mesin, lantaran sebelum musim MotoGP dimulai, pabrikan harus menyepakati satu tipe mesin yang akan dipakai untuk musim balap di tahun tersebut.

Setelah itu, mesin disegel oleh Dorna agar tak bisa dilakukan pengembangan selama satu musim balap dengan 7 jatah mesin penggantian yang sama.

(Baca Juga: Selisih 10,8 Km/Jam Halangi Valentino Rossi Podium di MotoGP Prancis)

Namun terlepas dari mesin yang kurang performa untuk akselerasi, Rossi menilai kalau aero-faring yang digunakan di MotoGP Prancis juga mampu menolongnya untuk bisa membalap lebih baik.

Karena dengan aero fairing baru tersebut, dirinya mampu lebih bagus ketika menikung dan mengurangi gelaja wheelie ketika keluar tikungan yang mengharuskan memakai gigi rendah.

Aero fairing baru ini memiliki dua sayap bertingkat, sedangkan versi lama hanya satu sayap.

“Kami berbicara mengenai sayap dan itu ada sedikit peningkatan dalam akselerasi dan itu bagus untuk wheelie," ungkap Valentino Rossi dilansir OtoRace.id dari Crash.

Editor : Eka Budhiansyah

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X