Gunung Semeru Erupsi Muntahkan Abu Vulkanik Tebal, Pembalap Jawa Timur Waspada

Didit Abdillah - Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:00 WIB
Gunung Semeru kembali erupsi pada (4/12). Para pembalap di Jawa Timur harus lebih waspada.
Twitter @thoriqul_haq
Gunung Semeru kembali erupsi pada (4/12). Para pembalap di Jawa Timur harus lebih waspada.

OtoRace.id - Setelah pada Januari lalu Gunung Semeru erupsi, kini gunung tertinggi di Pulau Jawa itu kembali mengeluarkan lava panas dan lahar dingin. 

Dilansir dari Kompas.com, Berdasarkan laporan magma Indonesia, Badan Geologi, Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM), visual letusan tidak teramati.

Namun diketahui bahwa erupsi Gunung Semeru ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 5160 detik.

Sampai hari ini, berdasarkan laporan kebencanaan geologi memasukkan Gunung Semeru kedalam kategori gunung api berstatus level II atau waspada erupsi.

Baca Juga: Termasuk Max Biaggi dan Marc Marquez, Valentino Rossi Ucapkan Terima Kasih kepada Para Rivalnya di MotoGP

Secara meteorologi, Gunung Semeru erupsi berada pada cuaca berawan, mendung, dan hujan. Angin bertiup lemah ke arah barat dengan suhu udara 22-26 derajat Celsius

Angin dan deburan debu atau abu vulkanik mengarah ke Barat Daya dan cukup berdampak bagi daerah Jawa Timur, khususnya Lumajang. 

Beberapa pembalap pun kini waspada, termasuk pembalap asal Surabaya, Gerry Salim yang kini sedang berada di kota asalnya itu. 

"Alhamdulillah Surabaya masih aman mas. Ngeri banget Semeru, udah cukup besar ini bencananya," kata Gerry Salim saat ditanya mengenai kondisinya via pesan singkat. 

Baca Juga: Bukan Sekadar Bersih, Ini Alasan Kenapa Motor MotoGP Harus Dibongkar Setiap Dicuci


Editor : Eka Budhiansyah

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa