Alasan Motor MotoGP Juga Dilengkapi Traction Control, Cegah Pembalap Alami Highside?

Eka Budhiansyah - Jumat, 16 Agustus 2019 | 12:00 WIB
Highside Jorge Lorenzo di MotoGP Cina 2008
MotoGP
Highside Jorge Lorenzo di MotoGP Cina 2008

OtoRace.id - Motor MotoGP modern juga mengaplikasi fitur Traction Control, layaknya motor gede (moge) massal terkini nan canggih.

Hal itu, lantaran teknologi ini mampu meminimalisir pembalap dari resiko highside ketika melibas tikungan dengan kecepatan tinggi.

Highside sendiri menurut MotoGP.com adalah kecelakaan dimana roda belakang meluncur ke sisi yang berlawanan saat menikung, lalu seketika kembali mendapatkan grip, sehingga membuat motor dan pengendaranya terpelanting ke udara.

Nah, meluncurnya ban ke sisi yang berlawanan ini akibat gejala spin yang disebabkan tenaga berlebih yang tersalur ke roda belakang, sehingga ban menjadi lebih banyak berputar dari seharusnya akibat kehilangan traksi.

(Baca Juga: Gara-gara Valentino Rossi Berkata Ini Lorenzo Baldassarri Minggat dari VR46 Academy)

Lalu, ketika mendapatkan grip kembali, kondisi ini akan membuat sok belakang mendapatkan pantulan balik atau rebound dan hal ini yang membuat motor dan pembalap terpental ke atas.

Nah, di MotoGP modern yang kini banyak disesaki peranti elektronik canggih, juga didukung Traction Control untuk membuat traksi ban ke aspal tetap terjaga sehingga meminimkan gelaja oversteer dan highside.

Cara kerjanya, Traction Control dibantu oleh beberapa alat seperti inertial measurement unit (IMU) yang bisa membaca sudut kemiringan motor, Wheel Speed Sensor untuk mendeteksi hilangnya grip ban dengan cara mendeteksi putaran roda yang terjadi.

Untuk IMU, di MotoGP 2019 ini Dorna menerapkan IMU seragam yaitu buatan Magneti Marelli.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa