VIDEO: Proses Pembentukan Sirkuit Mandalika MotoGP Indonesia Hampir Rampung

Didit Abdillah - Jumat, 29 November 2019 | 10:57 WIB
Ilustrasi Kota Mandalika
Kompas.com
Ilustrasi Kota Mandalika

OtoRace.id - Menjelang akhir tahun 2019, pembangunan sirkuit Mandalika di NTB untuk MotoGP Indonesia 2021 menunjukkan perkembangan yang signifikan. 

Kini lokasi Kuta Mandalika sudah melakukan pembentukan layout sirkuit yang sudah mencapai 98,26%. 

Perkembangan konstruksi sirkuit dan pagar sirkuit Mandalika itu dilaporkan pada akun Instagram resmi ITDC (@itdc_id) selaku pengembang area Mandalika. 

Sementara progress pemagaran sirkuit sudah lebih dari 71,90% yaitu sepanjang hampir 4,5 km. 

(Baca Juga: Pembalap Motor Indonesia Dipastikan Raih Gelar Asia. Tapi Siapa?)

Saat ini, juga sedang mulai dilakukan pekerjaan timbunan tanah.

Timbunan tanah ini sangat diperlukan untuk meningkatkan daya dukung tanah yang sesuai spesifikasi teknis.

Bagian ini sangat penting karena akan menentukan rata dan padatnya jalan nanti.

Secara teknis untuk memenuhi persyaratan pekerjaan yang akan dilakukan pengaspalan yang dijadwalkan akan mulai pada Januari 2020. 

Proses pengaspalan diperkirakan akan butuh waktu 8-12 bulan, tergantung dari hasil evaluasi dari FIM yang ikut mengawasi pembangunan sirkuit jalan raya pertama untuk MotoGP itu. 

(Baca Juga: Selesai Operasi Bahu Kanan Akibat Crash di Tes Jerez, Marc Marquez Berterima Kasih Atas Dukungan Fans)

Sementara progress pemagaran yang mengelilingi sirkuit sudah lebih dari 71,90% atau sepanjang hampir 4,5 Km. 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Selamat sore, Sahabat. Menemani sore kalian semua, kami ingin berbagi progres tentang Sirkuit Mandalika yang sudah kalian tunggu-tunggu! . Saat ini, Land Clearing sudah mencapai 98,26%, Sahabat, sementara progress pemagaran sirkuit sudah lebih dari 71,90% yaitu sepanjang hampir 4,5 Km. Galian tanah untuk Jalan Sirkuit Mandalika sudah mencapai lebih dari 54,65% yaitu sepanjang 1,2 Km. Saat ini, juga sedang mulai dilakukan pekerjaan timbunan tanah. Timbunan tanah ini sangat diperlukan untuk meningkatkan daya dukung tanah (subgrade preparation) yang sesuai spesifikasi teknis. Bagian ini sangat penting karena akan menentukan rata dan padatnya jalan nanti dan secara teknis untuk memenuhi persyaratan pekerjaan yang akan dilakukan di lapisan di atasnya, yaitu Aggregat dan hotmix (pengaspalan). Proses pengerjaan groundwork ini akan selesai pada Juni 2020. Pengaspalan sendiri akan segera dilakukan paralel dengan proses lain yang ada, yaitu pada Bulan Januari 2020 sampai dengan December 2020. Pengaspalan biasanya hanya memerlukan 8 bulan, tapi dikarenakan standar yang tinggi dari FIM maka akan berlangsung selama kira-kira 12 bulan. . Tak hanya itu, Sahabat, Sirkuit Mandalika juga akan dihiasi dengan jutaan Bunga Bougenville yang pastinya menambah keindahan Sirkuit Mandalika dengan pemandangan pegunungan dan lautan. Seperti yang diungkapkan Legendary Rider 500cc Mick Doohan dan CEO Dorna Carlos Ezpeleta, Sirkuit Mandalika diprediksi akan menjadi Street Circuit terindah di dunia. . #ITDC #CreatingDestination #TheMandalika #TheMandalikaGP #IndonesianGP #Raceto2021 #Roadto2021

Sebuah kiriman dibagikan oleh ITDC (@itdc_id) pada

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : itdc.co.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa