Selain Lebih Ringan 10 Kali Dari Pakaian Astronot, Ini Fakta Unik Lain Perlengkapan Balap Pembalap MotoGP

Eka Budhiansyah - Jumat, 17 April 2020 | 12:40 WIB
Perlengkapan balap pembalap MotoGP memiliki bobot 10 kali lebih ringan dari pakaian ruang angkasa
MotoGP
Perlengkapan balap pembalap MotoGP memiliki bobot 10 kali lebih ringan dari pakaian ruang angkasa

OtoRace.id - Ada beberapa fakta unik dari perlengkapan balap pembalap MotoGP yang harus memenuhi syarat atau dihomologasi FIM.

Bicara helm, pelindung kepala ini harus memiliki bobot maksimal 1,5 kg dan memiliki padding atau busa yang fit dengan tiap kepala pembalap MotoGP sehingga tidak mudah terlepas ketika mengalami crash parah.

Setelah itu untuk sarung tangan, selain terbuat dari kulit, maka gloves diwajibkan memiliki pelindung engsel jari dan pada bagian dalam harus terdapat bahan dupont kevlar demi meningkatkan perlindungan dari lecet ketika terjatuh.

Lanjut ke sepatu atau boots sebagai perlengkapan balap pembalap MotoGP, maka sepatu harus memiliki ketahanan yang tiga kali lebih kuat ketimbang glove.

Baca Juga: Tak Kuliah, Ternyata Valentino Rossi Punya Gelar dari Universitas

Sepatu ini diwajibkan untuk bisa menahan abrasi tingkat tinggi dan juga memiliki slider yang biasanya terdapat di pinggir kiri bagian depan sepatu.

Kini giliran wearpack! Tiap pakaian balap kulit ini, memiliki daya tahan 10 kali lebih kuat untuk melindungi kulit dari performa 1 bahan jeans terbaik.

Untuk bagian bahu dan siku, lutut dan dada wearpack harus memiliki peranti yang mampu melindungi bagian tersebut dari crash.

Tak kalah penting, wearpack juga harus memiliki part slider di bagian lutut dan malah kini ada tambahan slider di bagian siku atau elbow protector lantaran banyak pembalap yang menerapkan gaya riding elbow down.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : MotoGP.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa