Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

F1 Austria 2022

Hasil Balap F1 Austria 2022 - Charles Leclerc Kalahkan Max Verstappen Dalam Duel Ketat

Didit Abdillah - Minggu, 10 Juli 2022 | 21:51 WIB
Charles Leclerc memenangkan balapan F1 Austria. Kemenangan pertamanya di Red Bull Ring usai duel ketat dengan Max Verstappen.
Scuderia Ferrari
Charles Leclerc memenangkan balapan F1 Austria. Kemenangan pertamanya di Red Bull Ring usai duel ketat dengan Max Verstappen.

OtoRace.id - Balapan F1 Austria 2022 di sirkuit Red Bull Ring (10/7) juga menjadi drama bagi Red Bull Racing sebagai tuan rumah.

Pembalap andalannya, Max Verstappen sebagai pole sitter langsung memimpin balap sedari lomba dimulai.

Sedangkan rekan setimnya, Sergio Perez harus mengalami insiden dengan pembalap Mercedes AMG Petronas, George Russell.

George Russell berhasil melanjutkan balapan, sedangkan Sergio Perez harus kembali ke pit untuk langsung mengganti ban ke kompon keras, mengganti beberapa parts, dan kembali balapan ke posisi paling belakang.

Insiden ini mengakibatkan George Russell mendapatkan penalti lima detik yang membuatnya harus membuka jarak yang signifikan.

Balapan berlanjut kala Max Verstappen memimpin jalannya lomba, tetapi selisih jarak dengan Charles Leclerc (Scuderia Ferrari F1 Team) di posisi kedua makin dekat.

Charles Leclerc kala ambil alih posisi pertama pada lap ke-12 F1 Austria 2022.
F1
Charles Leclerc kala ambil alih posisi pertama pada lap ke-12 F1 Austria 2022.

Sampai lap ke-10, Charles Leclerc mulai memberikan tekanan dan duel untuk posisi pertama kian berlanjut.

Charles Leclerc berhasil ambil alih posisi pertama di lap ke-12 dari sisi dalam, late braking yang apik dan ia langsung membuka jarak dalam satu lap kemudian.

Strategi durabilias pun digunakan, Max Verstappen mengganti ban ke kompon keras dilakukan di lap ke-15, membuat dua Scuderia Ferrari F1 Team, Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr di dua posisi terdepan.

Baca Juga: Sang Dokter Sebut Marc Marquez Bunuh Diri Jika Balik Balap MotoGP Lebih Awal

Max Verstappen kini berada di posisi kelima dan punya niatan hanya satu kali pit stop sampai balapan selesai.

Charles Leclerc dan Carlos Sainz Jr melakukan  pit stop di lap ke-27, menjadi momen bagi Max Verstappen kembali ke posisi terdepan.

Namun hanya butuh lima lap bagi Charles Leclerc kembali memimpin jalannya lomba sampai akhirnya Max Verstappen kembali melakukan pit stop di lap ke-37.

Unik strategi yang digunakan Red Bull Racing kala mereka melakukan double pit stop untuk pembalap yang sudah menggunakan ban keras, Verstappen kembali ke lintasan di posisi ketiga dan di belakangnya tepat ada Lewis Hamilton.

Pit stop kedua bagi skuat Ferrari dilakukan pada lap ke-49dan 50, membiarkan Max Verstappen memimpin jalannya lomba untuk sementara. 

Baca Juga: F1 Austria 2022 - Charles Leclerc Jauhi Carlos Sainz dan Ingin Sikat Max Verstappen

Carlos Sainz Jr terduduk usai mobilnya bermasalah di penghujung balap F1 Austria 2022
F1
Carlos Sainz Jr terduduk usai mobilnya bermasalah di penghujung balap F1 Austria 2022

Selepas pit stop, Charles Leclerc kembali mencetak fastest lap dan memotong ketertinggalan dari Max Verstappen. 

Benar saja, pembalap Monako itu kembali berada di posisi terdepan usai mendahului Verstappen dari sisi dalam tikungan ketiga. 

Kesialan menimpa Carlos Sainz di lap ke-55 kala Ferrari F1-75 besutannya mengalami masalah mesin dan membuatnya harus keluar dari balapan kala sudah menempati posisi ketiga. 

Virtual Safety Car (VSC) dikeluarkan kala Max Verstappen dan Charles Leclerc masih saling kejar untuk posisi pertama. Insiden ini membawa Lewis Hamilton cukup aman di podium ketiga. 

Sampai 10 lap terakhir, Charles Leclerc masih memimpin dengan jarak 3,2 detik dari Max Verstappen yang kini juga mencetak fastest lap. 

Kemenangan pun menjadi milik Charles Leclerc, kemenangan pertamanya di Austria, Verstappen di podium kedua dan Hamilton ketiga

HASIL BALAP F1 AUSTRIA 2022

 

 

Editor : Eka Budhiansyah
Sumber : Formula1.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa